Review Film Incantation, Kultus Aneh Hingga Desa Misterius Menjadikan Film Horror Taiwan Paling Mencekam

Film incantion merupakan salah satu film bergenre horor yang menceritakan tentang sebuah aturan sakral yang dilanggar berujung malapetaka.

Aunur Rahman
Minggu, 07 Agustus 2022 | 00:07 WIB
Review Film Incantation, Kultus Aneh Hingga Desa Misterius Menjadikan Film Horror Taiwan Paling Mencekam
images

SuaraSumedang.Id - Saat berbicara mengenai film horor di Asia, kita langsung memikirkan negara-negara seperti Thailand dan Jepang. Kedua negara ini selalu menghasilkan film horor yang menakutkan sekaligus populer.

Namun, pada pertengahan 2022, Kevin Ko masuk ke dunia film Taiwan melalui Incantation dapat ditonton melalui Netflix.

Terinspirasi oleh kisah nyata keluarga "kultus" di Kaohsiung, Taiwan, Incantation membawa Anda pada perjalanan singkat Lee Ronan melalui videonya.

Pesonanya mungkin tidak cukup luas untuk menakuti Anda. Bukan dengan Jumpscare, tapi sejak awal Anda diajak untuk mempertanyakan pemikiran Anda. Jadi apa yang Anda lihat selanjutnya mungkin terlihat nyata.

Baca Juga:Kemendikbudristek Apresiasi Inisiatif Sekolah Implementasikan Kurikulum Merdeka

Film horor ini berkisah tentang Li Ronan yang mengaku dikutuk setelah melanggar pantangan enam tahun lalu. Enam tahun kemudian, dia kembali untuk menjemput putranya Chen Dodo dari panti asuhan setelah dia dinyatakan "stabil" dan dapat kembali ke tempat penitipan anak.

Pikirannya mengatakan dia bebas dari semua teror dan trauma  yang pernah dia alami. Namun sejak Dodo hadir dalam kehidupan Ronan, hal-hal aneh telah terjadi.

Pada akhirnya, Ronan harus memutuskan cara terbaik untuk menyelamatkan Ronan dari kutukannya.

Ronan menjelaskan berkah dan kutukan, kemudian sebuah video menunjukkan tubuh seorang gadis yang dipenuhi luka (dan gigi!). Bagaimanapun, Anda harus menahan napas sampai nanti. Senyum Ronan masih terlihat khawatir.

Lalu ada juga klip video untuk membuat Anda semakin waspada. Bisa dibilang Mantra itu 50% menakutkan dan 50% menegangkan. Tetapi jika Anda pernah melihat film-film yang ditemukan seperti The Blair Witch Project (1999), As Above So Below (2014), atau Quarantine (2008), Anda mungkin akan menikmati filmnya.

Baca Juga:Kemenag Segera Integrasikan Semua Layanan dalam Super App

Selain itu, film ini memberikan perasaan kepada penonton bahwa apa yang mereka lihat benar-benar terjadi, meskipun mengetahui bahwa semua cerita yang terkandung di dalamnya adalah fiksi.

Padahal, cara ini  efektif karena setelah itu Anda terus-menerus disuguhkan dengan video klip yang membuat Anda bertanya-tanya. Belum lagi cuplikan video yang ditampilkan tidak sekaligus dan entah membuat Anda ingin mengikuti perjalanan Ronan sampai akhir atau tidak. 

Bahkan ketika Anda sudah selesai, Anda masih bingung dan bertanya. Serius, ini fiktif! Namun, pengalaman menonton film memberi Anda perasaan bahwa apa yang ditampilkan adalah nyata.

Momen menegangkan lainnya adalah saat kita diajak menonton video bersama di terowongan, yang menjadi penyebab semua permasalahan dalam film ini.

Rasanya ingin menutup mata tapi ingin tahu lebih lanjut apa yang ada di dalamnya.
Gagasan tentang kultus yang terpencil, misterius, dan mencurigakan ini bukanlah hal baru.

Namun, membawa budaya Asia (Taiwan), yang sarat dengan penyembahan dan kutukan, membuat Incantation menjadi horor ganda! Dapat dilihat, ini sangat relevan dengan budaya di Indonesia.

Berbeda dengan Midsommar (2019), horor juga, namun budayanya berbeda membuat Incantation terasa mencekam.

Penelusuran di desa adalah adegan terbaik dalam film ini, dimana sumber masalah datang dari sana. Desa misterius, tertutup, dengan banyak pantangan yang membuat penonton semakin curiga.

Puncak kengerian benar-benar terasa di sini, bahwa Incantation memainkan potongan-potongan film dari enam tahun yang lalu dan sekarang.

Jadi kamu tidak bisa terus merasakan kengerian di desa, karena yang terjadi saat ini tidak kalah mengerikan, menjelang akhir kengerian film ini semakin nyata.

Sebab sejak awal penonton diberitahu tentang tabu yang menyakiti Ronan dan itu berujung pada kutukan.

Menjadikan penasaran dengan kutukan tersebut, tanpa disadari sudah diajak untuk “berbagi” kutukan tersebut.

Hal ini membuat Incantation terasa orisinal meskipun faktanya sudah banyak ditemukan film footage sebelumnya. Tentu saja, Incantation dianggap sebagai film Taiwan paling menakutkan sepanjang masa.

Hiburan

Terkini

Menko Polhukam Mahfud MD memberikan pernyataan mengejutkan soal adanya pihak polri yang mencoba menghalangi penyelidikan kasus pembunuhan BrigadirJ

News | 21:20 WIB

Viral di media sosial seuah video yang menayangkan perjuangan dua siswa SD harus berjalan kaki sejauh 10 km ke sekolahnya sambil cari tumpangan.

News | 17:56 WIB

Usai terbongkarnya kasus pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo kini diduga terlibat pula dalam kasus judi online

News | 17:55 WIB

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo diduga terlibat dalam kasus perjudian online setelah kabar tersebut beredar dari media sosial

News | 17:39 WIB

Fabio Quartararo menegaskan, sudah siap menghadapi balapan MotoGP Austria 2022 yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (21/8/2022) mendatang

Sport | 15:53 WIB

Balapan MotoGP Austria 2022 bakal digelar di Sirkuit Red Bull Ring akhir pekan ini. Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia lebih fokus untuk menuai poin maksimal

Sport | 15:25 WIB

Kamaruddin menyebut soal adanya aliran dana kliennya ke Irjen Ferdy Sambo. PPATK ikut berkomentar

News | 15:19 WIB

Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku di pasar hewan Tanjungsari.

News | 15:00 WIB

Simak cara menurkankan uang lama dengan uang baru, yang barus saja Bank Indonesia luncurkan uang kertas emisi 2022

News | 14:00 WIB

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang kertas emisi 2022.

News | 13:48 WIB

Viral di media sosial Twitter sebuah video yang menayangkan teriakan publik menyebut nama Ferdy Sambo saat kendaraan Polri melintas.

News | 12:33 WIB

Tim Khusus (Timsus) Polri akan mengumumkan jadwal pemeriksaan terhadap istri Irjen Ferdy Sambo mengenai kasus penembakan Brigadir J

News | 12:13 WIB

Penyanyi Lyodra Ginting tengah menjadi pembicaraan hangat setelah ia meneriakan Papua merdeka dengan lantang saat mengisi acara Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

News | 11:57 WIB

Pasalnya belum lama ini, nama AKP Rita Yuliana turut terseret dalam kasus penembakan Brigadir J. Bahkan, disebut-sebut sebagai wanita cantik yang jadi motif pembunuhan didalangi oleh Irjan Ferdy Sambo

News | 11:53 WIB

Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menyebut adanya aliran uang dari rekening milik kliennya ke beberapa tersangka

News | 10:38 WIB
Tampilkan lebih banyak