IKN Pindah, Pengembang Properti Optimis Jakarta Jadi Pusat Bisnis

Pengembang properti tidak mempermasalahkan perpindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Aunur Rahman
Kamis, 08 September 2022 | 21:14 WIB
IKN Pindah, Pengembang Properti Optimis Jakarta Jadi Pusat Bisnis
Ketua Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) DKI Jakarta, Arvin Fibrianto Iskandar. (Suara.com/Achmad Fauzi)

SuaraSumedang.id – Proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) masih berlangsung, diduga dapat mempengaruhi harga properti di Jakarta. Hal itu tidak menjadi persoalan bagi pengembang properti.

Disampaikan oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) DKI Jakarta Arvin Fibrianto Iskandar, terdapat banyak pengusaha dan masyarakat yang masih membutuhkan hunian apartemen maupun rumah tapak.

Pihaknya menilai perpindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim), tidak berdampak secara signifikan pada properti. Menurutnya penjualan properti di Jakarta tetap menarik meski ibu kota pindah.

Ia juga menilai proyeksi Jakarta di masa yang akan datang, tetap menjadi pusat bisnis di Indonesia.

Baca Juga:WTON Lebarkan Pasar ke Luar Negeri, Tahun Depan Sasar Kawasan ASEAN

"Potensi di Jakarta kita yakin optimis tetap menjadi pusat bisnis, pusat investasi tetap di Jakarta. Pusat pemerintahan boleh dipindahkan ke Kalimantan, tapi untuk menjadi bisnis tetap di Jakarta, karena jakarta ini sudah dibentuk kota metropolitan," ujar Arvin di Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Menurutnya, nantinya ke depan memang ada pergeseran jenis hunian yang dipilih masyarakat di Jakarta. Arvin memprediksi, masyarakat akan condong memilih hunian vertikal, seperti apartemen.

“Kalau di Jakarta pasti, karena kita lahannya terbatas vertikal tetap prioritaskan, vertical building. Apartemen baik kelas bawah, menengah, atas akan diprioritaskan di Jakarta," ucap Arvin..

Arvin mengungkapkan, kinerja sektor properti juga mulai mengalami perbaikan selama pandemi ini. Bahkan, ia menyebut, penjualan sempat terganggu selama Pandemi Covid-19.

Lantaran itu, ia pun menargetkan, penjualan hingga akhir tahun penjualan properti bisa meningkat hingga 5%. Saat ini, tambah dia, penjualan properti di Jakarta baru naik 3-4%.

Baca Juga:Refly Harun Tanya Kenapa Galak ketika Anies Baswedan di Kritik, Geisz Chalifah Ungkap Begini

"Karena nggak ada larangan untuk PPKM, ini angin segar buat kita otomatis, kenaikan properti itu kita harapkan walaupun bertahap sedikit ya, kita harapkan apabila bisa dengan adanya inflasi, perang yang di luar itu BBM juga naik, kenaikan 5% dibanding tahun sebelumnya," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria berharap, REI bisa mengembangkan banyak hunian vertikal. Sehingga, memfasilitasi aktivitas atau interaksi sosial para penghuni.

“Saya mengajak REI DKI Jakarta untuk berkontribusi dalam penyediaan hunian dengan menyikapi tantangan perubahan iklim melalui pendekatan green infrastructure. Hal ini selaras dengan bahasan Urban 20 terkait penyediaan hunian berkelanjutan," katanya.

News

Terkini

Denise Chariesta ngaku hamil, ternyata ini kebiasaan JK yang bikin si cadel risih.

Hiburan | 06:59 WIB

Setelah Amanda Manopo tidak lagi tampi di sinetron Ikatan Cinta. Arya Saloka Kerap di rumorkan memiliki hubungan dekat Amanda Manopo. Lalu, benarkah Amanda Manopo sampai berkomentar tentang pernikahan Arya dan Putri Anne? Berikut ini faktanya.

Hiburan | 22:00 WIB

Mario Dandy memgakui kesalahan. Mario Dandy sampaikan maaf ke David Ozora. Sikap Mario Dandy yang Cengengesan saat minta maaf jadi sorotan.

Hiburan | 22:00 WIB

Rumah tangga Desta dan Natasha Rizki di ujung tanduk. Sidang perceraian perdana Natasha dan Desta sudah berlangsung. Natasha Rizki bongkar kelakuan Desta

Hiburan | 21:37 WIB

Berikut ini adalah cek fakta yang akan mengungkapkan, Inara Rusli resmi jadi brand ambassador kerudung milik Ivan Gunawan.

Hiburan | 21:05 WIB

Inilah cek fakta yang akan mengungkapkan, Ahmad Dhani ungkap hal ini usai merasa puas dengan penampilan Lesti Kejora.Benarkah?

Hiburan | 20:20 WIB

Berikut ini adalah cek fakta yang akan mengungkapkan, Inara Rusli menangis saat bawakan lagu duka.Benarkah?

Hiburan | 19:05 WIB

Setelah nama mantan pacar Rebecca Klopper, Rizky Pahlevi tertuduh sebagai pemeran pria dan disebut sebagai pengancam sang artis, kini angkat bicara.

Hiburan | 18:46 WIB

Dalam sidang cerai perdana Desta dan Natasha Rizki beragendakan mediasi. Natasha Rizki dan Desta didampingi oleh kuasa hukum masing-masing.

Hiburan | 18:30 WIB

Erick Thohir umumkan harga tiket pertandingan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina. Erick menjelaskan jika tiket akan tersedia sebanyak 60.000 tiket dengan dibagi tiga kategori dan VIP.

Sport | 18:07 WIB

"Alhamdulillah Pemprov DKI sudah melakukan penyesuaian pergub, mengenai PPDB dan sudah diundangkan," ujar Syaefuloh.

Metropolitan | 21:25 WIB

Kapolsek Cengkareng Kompol Hasoloan Situmorang mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat rumah tersebut kosong, ditinggal penghuninya bekerja.

Metropolitan | 21:09 WIB

Pendataan KJP disebut kerap terkendala karena data tak sesuai dengan realita. Beberapa penerima didapati telah pindah alamat atau meninggal.

Metropolitan | 21:03 WIB

JLNT warisan Ahok ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta menjadi mangkrak. Berikut ini sejarah JLNT tersebut.

Metropolitan | 19:17 WIB

BPK mengungkap ada temuan yang didiamkan Pemprov DKI sejak 18 tahun silam atau pada masa kedua kepemimpinan Gubernur Sutiyoso.

Metropolitan | 17:51 WIB

Cinta Laura mengenakan gaun glamor rancangan Tex Saverino di Cannes Film Festival.

Gosip | 08:15 WIB

"Mimi bisa tracking. Kamu jangan pikir ibu kamu bodoh," tutur Nikita Mirzani.

Gosip | 08:00 WIB

Lolly masih menggunakan rekening Nikita Mirzani, tetapi berisi uang Antonio Dedola.

Gosip | 07:45 WIB

Junior enggan berkomentar dan mengaku tak tahu-menahu tentang video syur yang sukses bikin heboh jagat maya.

Gosip | 07:30 WIB

Renaga Tahier mengungkap bahwa Ferdy Element adalah sosok ayah yang open minded.

Gosip | 07:15 WIB
Tampilkan lebih banyak