Ibu Hamil Wajib Tahu, Hindari Konsumsi Ikan Laut dan Makanan Setengah Matang

Ada beberapa makanan yang tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil. Saat hamil, tentu tidak semua makanan dengan bebas bisa disantap ibu hamil.

AR Mahmud
Selasa, 20 September 2022 | 07:00 WIB
Ibu Hamil Wajib Tahu, Hindari Konsumsi Ikan Laut dan Makanan Setengah Matang
Ilustrasi ibu hamil (pexels.com/)

SuaraSumedang.id - Ada beberapa makanan yang tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil. Saat hamil, tentu tidak semua makanan dengan bebas bisa disantap ibu hamil. 

Ibu hamil memang memerlukan nutrisi lebih banyak dari biasanya karena kebutuhan zat gizi bagi janin agar tumbuh kembang si calon bayi bisa maksimal.

Namun, bukan berarti semua makanan bisa sembarangan dimakan. Pasalnya, hal tersebut justru bisa mengganggu perkembangan janin dalam kandungan sang ibu. 

"Gizi yang dimakan berguna juga untuk pertumbuhan janin Namun ternyata tidak semua makanan aman untuk dikonsumsi saat hamil," ujar dokter Jeffry Kristiawan di kanal YouTube Tanyakan Dokter, dikutip Selasa (20/9/2022).

Baca Juga:Walkot Medan Respon Inpres Jokowi dengan Lelang Mobil Para Pejabat Pemkot

Jeffry menjelaskan, ada beberapa makanan yang seharusnya dihindari oleh ibu hamil. Berikut beberapa makanan yang tidak disarankan untuk disantap ibu hamil. 

1. Keju impor

Keju impor tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil karena tekstur lunak dalam keju impor dimungkinkan karena tidak melalui proses pasteurisasi atau dipanaskan dalam suhu dan waktu tertentu. 

Menurut dokter Jeffry mengatakan saat olahan susu, termasuk keju yang tidak melalui proses pasteurisasi berisiko tidak benar-benar matang. Alhasil, kata dia, kemungkinan ada bakteri yang keju yang bisa membahayakan perkembangan janin dalam kandungan.

Keju biasanya mengandung bakteri difteri yang bisa masuk menembus plasenta. Ia menyarankan agar ibu hamil mengurangi konsumsi keju.

Baca Juga:Ketua DPR RI Tegaskan RUU PDP Disahkan Besok, Puan: Lindungi Warga dari Kejahatan di Era Digital

2. Makanan mentah atau setengah matang

Kenapa makanan mentah atau setengah matang tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil. Secara sederhana, urai dokter jeffry, makanan mentah tentu banyak mengandung bakteri. Di antaranya salmonella, bakteri penyebab tipes. 

Ada pula bakteri ecoli yang kemungkinan tertempel di kotoran makanan mentah. Dokter Jeffry mencontohkan makana  khas Jepang, sushi tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil karena prosesnya yang tidak dimasak. 

Selain itu, kata dia, bila ibu hamil suka mengkonsumsi daging steak, maka pilihlah daging steak dengan tingkat kematangan menyeluruh. Dokter Jeffry pun tidak menyarankan ibu hamil mengkonsumsi telur setengah matang.

3. Makan ikan laut

Tidak semua ikan laut bisa dikonsumsi ibu hamil. Meski dianggap memiliki gizi melimpah, ternyata beberapa ikan laut berukuran jumbo tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, seperti ikan hiu, makarel ataupun ikan tuna sirip kuning. 

Pasalnya, kata dia, ikan laut tersebut mengandung merkuri cukup tinggi yang berisiko pada perkembangan otak janin dan bisa menimbulkan kecacatan.

4. Makanan manis

Makanan manis tidak disarankan untuk ibu hamil dengan riwayat penyakit diabetes atau kencing manis. Ibu hamil perlu membatasi pola asupan konsumsi makanan dan minuman manis karena kemungkinan janin akan lebih besar.

6. Mengandung kafein

Mendengar kafein tentu benak kita langsung tertuju pada kopi. Padahal, kafein tidak hanya ada pada kopi, melainkan terkandung dalam teh, minuman berkarbonasi juga minuman berenergi. 

Kafein ini menjadi berbahaya karena zatnya terlarut dan tembus ke plasenta sehingga berisiko menyebabkan kematian pada janin.

Berdasarkan penelitian, disarankan  untuk konsumsi kafein adalah dosis maksimal 200 ml per hari atau tidak lebih dari dua cangkir.

6. Susu

Susu tenyata tidak diperbolehkan terutama susu yang tidak dipasteorisasi. Tujuan susu pasteurisasi ini kandungan kalsium dan nutrisi lainnya masih bagus. 

Susu tanpa pasteurisasi memiliki kandungan bakteri yang bisa membayakan janin. Maka dari itu, ibu disarankan minum susu sebaiknya yang UHT atau mungkin susu kehamilan itu sudah pasti keamanannya.

Tips & Trik

Terkini

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memutuskan untuk menunda seluruh pertandingan di kompetisi BRI Liga 1 2022-2023, termasuk laga Persib Bandung menjamu Persija Jakarta

Sport | 12:28 WIB

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan investigasi atas tragedi Kanjuruhan

Sport | 11:20 WIB

Pasca tragedi Kanjuruhan seusai duel Arema FC vs Persebaya Surabaya yang berakhir 2-3 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

Sport | 10:41 WIB

Bupati Malang, M. Sanusi memastikan, seluruh biaya pengobatan suporter yang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemkab Malang.

Sport | 09:36 WIB

Kekalahan Arema FC atas Persebaya 2-3 buat suporter Singo Edan kecewa dan mencoba mencari pemain dan ofisial dengan turun ke lapangan. Akibatnya, polisi pun menembakan gas air mata hingga akhirnya kericuhan tak terbendung dengan menewaskan 127 orang

Sport | 07:02 WIB

De Ranch merupakan destinasi wisata terbaru di Lembang yang mengusung konsep peternakan kuda. Untuk arena berkuda, terdapat zona kuda tunggang, kuda poni, dan delman.

Hiburan | 07:00 WIB

Pertandingan antara Arema FC vs Persebaya berakhir tragis setelah 127 orang dinyatakan meninggal dunia akibat keributan yang terjadi usai tim tuan rumah takluk 2-3

Sport | 06:40 WIB

Destinasi wisata alam yang sejuk dan nyaman seringkali menjadi tujuan setiap orang. Bahkan beberapa orang memlih tempat wisata yang Instagramable.

Hiburan | 20:14 WIB

Polda Metro Jaya buka suara ungkap deretan luka memar Lesti Kejora atas dugaan KDRT Rizky Billar

Hiburan | 19:36 WIB

Rekomendasi wisata alam kekinian, cari spot foto yang Instagramable. Curug Ibun Pelangi yang terletak di Majalengka, Jawa Barat.

Hiburan | 19:12 WIB

Warganet dibikin kecewa dengan pernyataan Menpora usai tragedia Kanjuruhan.

Metropolitan | 10:45 WIB

"Jangan selalu kejar demi rating TV dengan memaksa pertandingan selalu malam hari," kata Kang Emil.

Metropolitan | 09:54 WIB

Iwan Bule sebagai ketua PSSI menjadi salah satu sosok yang digeruduk warganet usai tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan Malang.

Metropolitan | 09:51 WIB

Tak selang lama, Cak Imin disebut masuk ke kabinet pemetintahan SBY. Saat ditanya apakah ada pengaruh SBY dalam pelengseran Gus Dur di PKB, Priyo tak menjawab jelas.

Metropolitan | 19:56 WIB

Ada akses khusus di Bareskrim yang tak bisa dilewati oleh awak media.

Metropolitan | 15:12 WIB

Kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang memakan ratusan korban jiwa.

Gosip | 12:03 WIB

Baim Wong meminta Paula Verhoeven berpura-pura mengalami KDRT dan melaporkannya ke polisi. Namun, mereka justru mendapat kritik pedas dari warganet.

Gosip | 11:28 WIB

Young Lex menyampaikan rasa dukanya yang mendalam kepada para korban dan keluarga yang ditinggalkan.

Gosip | 11:02 WIB

Kim Hawt menyebut Rizky Billar selingkuh hingga menikah siri dengan wanita yang sudah bertunangan dan akan menikah.

Gosip | 10:32 WIB
Tampilkan lebih banyak