Benarkah Rutin Minum Jus Wortel Bisa Mengurangi Minus Mata? Simak Penjelasan Dokter Spesialis Ini

Lantas apakah benar minum jus wortel rutin dapat menghilangkan minus pada mata? Dokter spesialis mata dr. Zoraya A. Feranty, SpM membantah anggapan tersebut, yang menerangkan jika konsumsi rutin jus wortel dapat menurunkan bahwa menghilangkan minus pada mata.

Lukman Hakim
Rabu, 23 November 2022 | 18:39 WIB
Benarkah Rutin Minum Jus Wortel Bisa Mengurangi Minus Mata? Simak Penjelasan Dokter Spesialis Ini
Ilustrasi jus wortel; banyak beranggapan bahwa mengkonsumsi secara rutin jus wortel bisa mengurangi minus pada mata. ((Pixabay.com/Couleur))

SuaraSumedang.id - Banyak orang yang beranggapan dengan mengkonsumsi jus wortel secara rutin dapat mengurangi mata minus.

Lantas apakah benar minum jus wortel rutin dapat menghilangkan minus pada mata?

Dokter spesialis mata dr. Zoraya A. Feranty, SpM membantah anggapan tersebut, yang menerangkan jika konsumsi rutin jus wortel dapat menurunkan bahwa menghilangkan minus pada mata.

"Kalau diminumkan jus wortel setiap hari, mata minus anak hilang? nggak. Kalau sudah terbentuk panjang bola matanya sekian, cenderung lebih ke bertambah bukan berkurang," kata Zoraya, di Jakarta pada Rabu (23/11/2022).

Baca Juga:Segini Uang yang Bakal Diterima Juara sampai Peringkat 32 di Piala Dunia Qatar 2022

Menurut Zoraya, yang juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (PERDAMI) itu, memang ada penelitian yang menyatakan ada pengurangan minus mata tetapi tidak signifikan.

Zoraya mengatakan, orangtua yang memiliki anak dengan riwayat kondisi miopi atau juga dikenal sebagai rabun jauh sebaiknya melakukan terapi kontrol.

Mereka juga disarankan membiasakan anak untuk lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Berdasarkan studi, hal tersebut dapat memperlambat perkembangan miopi.

Miopi atau mata minus merupakan satu di antara gangguan mata yang kerap terjadi, dan menyebabkan seseorang kesulitan melihat benda jarak jauh secara jelas.

Anak dengan kondisi tersebut kerap kali menyipitkan matanya apabila melihat objek dengan jarak jauh.

Baca Juga:Fenomena Guillermo Ochoa dan Pilih Kasih Media dalam Pemberitaan Sepakbola

Selain faktor genetik, faktor lingkungan pun menjadi penyebab yang mendominasi terjadinya mata minus termasuk pada anak.

Di antaranya, seperti membaca terlalu dekat, melihat layar gawai terlalu lama, dan kurang beraktivitas di luar ruangan.

Menurut Zoraya, saat ini terdapat beragam terapi miopi seperti lensa yang dapat menghambat laju minus, obat tetes, kacamata, dan lensa kontak khusus.

"Harapannya dengan intervensi, kita bisa menahan laju. Misalnya kecepatannya 1 mm per tahun, kita bisa tahan dengan terapi sekitar 50-50 persen. Itu saja sudah bagus," katanya.

Lalu, apakah mengenakan kacamata dapat menurunkan atau menghilangkan minus? Zoraya kemudian membantahnya.

"Ada kondisi yang sebelumnya di kacamata ada plusnya, kemudian seiring usia menghilang, akhirnya tidak butuh kacamata," katanya.(*)

Sumber:ANTARA

Tips & Trik

Terkini

Game Stumble Guys kini telah diperbaruhi dengan menghadirkan versi terbarunya yakni 0.43 dengan menambahkan beberapa item serta perbaikan bugh, untuk link download bisa kalian temukan pada artikel ini selengkapnya.

Hiburan | 22:13 WIB

Link streaming Dikta dan Hukum episode terakhir full 10 C dan 10 A LK21, Web series yang diperankan Ajil Ditto dan Natasha Wilona

Hiburan | 21:29 WIB

Teddy Syach telah menikah kembali pasca menyandang status duda dua tahun lamanya, meskipun demikian ia tidak bisa melupakan mendiang sang istrinya Rina Gunawan yang harus meninggalkannya untuk selamanya.

Hiburan | 21:05 WIB

Dampak gempa magnitudo 6,1 Garut, BNPB laporkan data kerusakan dan korban

Hiburan | 20:54 WIB

Rekomendasi nama FF (Free Fire) keren parah yang belum di pakai dan terbaru bulan Desember 2022

Hiburan | 20:50 WIB

Cara download game Sigma di Google mudah banget, ikuti langkah - langkahnya di sini gratis file mediafire hingga mod apk yang lainnya.

Hiburan | 20:25 WIB

Pernikahan antara Erina Gudono dan Kaesang Pangarep kina tinggal menyisakan beberapa hari saja, diketahui mereka akan mengadakan pernikahan pada 11 Desember 2022 di solo, banyak yang merasa ingin tahu siapa sosok pria yang akan menjadi wali nikahnya, sosok tersebut tak lain merupakan kakak kandung

Hiburan | 20:24 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan hasil analisis gemba bumi, pada Sabtu (3/12/2022) pukul 16.49 WIB di wilayah Selatan Garut, Jawa Barat.

News | 19:53 WIB

Sederet adegan vulgar pemeran Raffi dan Laura di seris Kupu - Kupu Malam, bikin panas dingin tak kalah dengan Arif Dirgantara

Hiburan | 19:44 WIB

Terdapat 890 kursi jabatan yang tersedia dalam Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 yang tersear lebih dari 30 perusahaan yang bisa kalian ikuti

News | 19:38 WIB

Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mengungkapkan ada transaksi narkoba di rumah kos Dusun Padang, Desa Puty, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Metropolitan | 12:44 WIB

Sebelumnya, empat orang didakwa dalam kasus pernikahan manusia dengan kambing menggunakan syariat Islam.

Metropolitan | 12:17 WIB

Saat ini Menteri PUPR kembali menjadi sorotan warganet setelah video ngerapnya diunggah oleh akun Twitter @KemenPU di media sosial Twitter.

Metropolitan | 18:30 WIB

"Kekosongan Sekda ini karena dia dilantik ya, itu dia membantu pak Gubernur..."

Metropolitan | 17:06 WIB

"Bhabin kan terima info dari pihak Bidakara kalau ini mobil kok dari kemarin enggak bergerak posisinya. Dicek lah sama mereka, akhirnya kok ada orang di dalamnya..."

Metropolitan | 16:42 WIB

Ingin lebih pede jadi alasan mereka oplas di bagian hidung.

Gosip | 07:30 WIB

Pinkan Mambo sempat tak terima dengan pernyataan Maia Estianty, soal dirinya dikatakan tidak disiplin.

Gosip | 07:05 WIB

Atta Halilintar dapat kue ulang tahun dari seorang pengusaha.

Gosip | 06:30 WIB

Lewat unggahan Instagram, Mayang memamerkan hobi barunya yang ramai dipuji keren.

Gosip | 06:05 WIB

Azka Raqilla Mawardi, anak Nikita Mirzani nampaknya tidak tahu bahwa sang ibu masih ditahan karena kasus pencemaran nama baik sehingga tidak pulang.

Gosip | 00:05 WIB
Tampilkan lebih banyak