Bacaan Niat Salat Ghaib Latin, Menag Imbau Umat Islam Mendoakan Korban Gempa Cianjur

Simak niat salat gaib dan salat jenazah yang memiliki pengertian berbeda, meski tujuan sama. Salat gaib sendiri dilakukan untuk menyolatkan muslim yang meninggal di tempat yang jauh.

Lukman Hakim
Kamis, 24 November 2022 | 15:15 WIB
Bacaan Niat Salat Ghaib Latin, Menag Imbau Umat Islam Mendoakan Korban Gempa Cianjur
Ilustrasi seorang pria hendak melaksanakan sholat; simak bacaan niat salat ghaib untuk jenazah. ((Unsplash))

SuaraSumedang.id - Simak niat salat gaib dan salat jenazah yang memiliki pengertian berbeda, meski tujuan sama. Salat gaib sendiri dilakukan untuk menyolatkan muslim yang meninggal di tempat yang jauh.

Adapun perbedaan dari salat gaib dan jenazah terletak pada niat, untuk shalat jenazah sendiri mayatnya ada di depan mata. Sedangkan sholat ghaib untuk yang jauh.

Berikut bacaan niat salat gaib:

Usholli Alal mayyiti ghaibi arba'a takbiratin fardhal kifayati lillahi ta'ala

Baca Juga:3 Manfaat Bunga Lavender bagi Kesehatan Mental

Artinya: "Aku menyengaja sembahyang jenazah ghaib empat takbir fardhu kifayah karena Allah SWT".

Sebelumnya, umat Islam di Indonesia diimbau untuk melaksanakan salat gaib setelah melaksanakan salat Jumat guna mendoakan para korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

"Saya imbau umat Islam Indonesia, sempat waktu sejenak. Setelah salat jumat untuk melaksanakan sholat gaib, dan mendoakan arwah korban gempa Cianjur," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, pada Kamis (24/11/2022).

Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengeluarkan surat edaran lewat Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag atas seruan melaksanakan salat gaib tersebut.

"Saya sudah meminta Dirjen Bimas Islam untuk menerbitkan edaran terkait ajakan sholat ghoib," kata Yaqut.

Baca Juga:Pejabat Polri Tersangka Dugaan Suap, KPK Blokir Rekening Bank Milik AKBP Bambang Kayun Bagus

Tak hanya itu, Menag Yaqut pun mengajak seluruh umat beragama untuk mendoakan agar proses evakuasi warga yang masih tertimbun material bangunan diberikan kemudahan.

Proses evakuasi sejumlah korban gempa Cianjur masih dilakukan. Di beberapa titik, evakuasi terkendala dengan terbatasnya alat hingga akses jalan yang sulit akibat tanah longsor.

"Tim gabungan baik dari BNPB, TNI/Polri maupun yang lainnya sudah terjun ke lapangan. Mari doakan agar tugas mereka diberikan kemudahan, dan kelancaran sehingga semua korban bisa dievakuasi dengan baik," kata Menag.(*)

Tips & Trik

Terkini

Game Stumble Guys kini telah diperbaruhi dengan menghadirkan versi terbarunya yakni 0.43 dengan menambahkan beberapa item serta perbaikan bugh, untuk link download bisa kalian temukan pada artikel ini selengkapnya.

Hiburan | 22:13 WIB

Link streaming Dikta dan Hukum episode terakhir full 10 C dan 10 A LK21, Web series yang diperankan Ajil Ditto dan Natasha Wilona

Hiburan | 21:29 WIB

Teddy Syach telah menikah kembali pasca menyandang status duda dua tahun lamanya, meskipun demikian ia tidak bisa melupakan mendiang sang istrinya Rina Gunawan yang harus meninggalkannya untuk selamanya.

Hiburan | 21:05 WIB

Dampak gempa magnitudo 6,1 Garut, BNPB laporkan data kerusakan dan korban

Hiburan | 20:54 WIB

Rekomendasi nama FF (Free Fire) keren parah yang belum di pakai dan terbaru bulan Desember 2022

Hiburan | 20:50 WIB

Cara download game Sigma di Google mudah banget, ikuti langkah - langkahnya di sini gratis file mediafire hingga mod apk yang lainnya.

Hiburan | 20:25 WIB

Pernikahan antara Erina Gudono dan Kaesang Pangarep kina tinggal menyisakan beberapa hari saja, diketahui mereka akan mengadakan pernikahan pada 11 Desember 2022 di solo, banyak yang merasa ingin tahu siapa sosok pria yang akan menjadi wali nikahnya, sosok tersebut tak lain merupakan kakak kandung

Hiburan | 20:24 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan hasil analisis gemba bumi, pada Sabtu (3/12/2022) pukul 16.49 WIB di wilayah Selatan Garut, Jawa Barat.

News | 19:53 WIB

Sederet adegan vulgar pemeran Raffi dan Laura di seris Kupu - Kupu Malam, bikin panas dingin tak kalah dengan Arif Dirgantara

Hiburan | 19:44 WIB

Terdapat 890 kursi jabatan yang tersedia dalam Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 yang tersear lebih dari 30 perusahaan yang bisa kalian ikuti

News | 19:38 WIB

Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mengungkapkan ada transaksi narkoba di rumah kos Dusun Padang, Desa Puty, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Metropolitan | 12:44 WIB

Sebelumnya, empat orang didakwa dalam kasus pernikahan manusia dengan kambing menggunakan syariat Islam.

Metropolitan | 12:17 WIB

Saat ini Menteri PUPR kembali menjadi sorotan warganet setelah video ngerapnya diunggah oleh akun Twitter @KemenPU di media sosial Twitter.

Metropolitan | 18:30 WIB

"Kekosongan Sekda ini karena dia dilantik ya, itu dia membantu pak Gubernur..."

Metropolitan | 17:06 WIB

"Bhabin kan terima info dari pihak Bidakara kalau ini mobil kok dari kemarin enggak bergerak posisinya. Dicek lah sama mereka, akhirnya kok ada orang di dalamnya..."

Metropolitan | 16:42 WIB

Ingin lebih pede jadi alasan mereka oplas di bagian hidung.

Gosip | 07:30 WIB

Pinkan Mambo sempat tak terima dengan pernyataan Maia Estianty, soal dirinya dikatakan tidak disiplin.

Gosip | 07:05 WIB

Atta Halilintar dapat kue ulang tahun dari seorang pengusaha.

Gosip | 06:30 WIB

Lewat unggahan Instagram, Mayang memamerkan hobi barunya yang ramai dipuji keren.

Gosip | 06:05 WIB

Azka Raqilla Mawardi, anak Nikita Mirzani nampaknya tidak tahu bahwa sang ibu masih ditahan karena kasus pencemaran nama baik sehingga tidak pulang.

Gosip | 00:05 WIB
Tampilkan lebih banyak