Tembok Penahan Tanah di Wado Sumedang Ambrol Menimpa Tiga Rumah Warga Hingga Roboh

Intensitas curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Sumedang, Jawa Barat sejak Minggu lalu menyebabkan sebuah tembok penahan tebing roboh. Peristiwa ini menyebabkan tim anggota Polres Sumedang melakukan evakuasi terhadap penghuni tiga rumah yang terdampak atas insiden ini.

Hening
Senin, 27 Maret 2023 | 21:29 WIB
Tembok Penahan Tanah di Wado Sumedang Ambrol Menimpa Tiga Rumah Warga Hingga Roboh
TPT Nagrak Sumedang Ambrol Menimpa Tiga Rumah Warga (iNews Jabar-iNews.id)

SuaraSumedang.id - Tiga rumah warga di wilayah Dusun Nagrak, Desa Cikareo, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang roboh akibat ambrolnya sebuah tembok penahan tebing (TPT) pada hari Minggu (26/3/2023) lalu.

Peristiwa ini terjadi karena hujan lebat yang terus mengguyur wilayah tersebut dalam sepekan ini hingga membuat benteng penahan tebing di sekitar wilayah Wado, Sumedang tidak sanggup menahan bebannya lagi dan akhirnya terjadilah longsor sekitar pukul 18.00 WIB pada hari Minggu kemarin.

Dilansir dari tvOnenews.com, Anggota Tim Pusdalops BPBD Sumedang, Dede Fadilah mengatakan, benteng atau TPT (Tembok Penahan Tanah) berada di bagian kanan salah satu rumah dan menimpa tembok rumah warga sekitar area tebing tersebut sampai mengalami kerusakan berat akibat tertimpa puing-puing benteng penahan tebing tersebut. 

Hal ini mengakibatkan tim yang bertugas melakukan evakuasi dan membawa para penghuni rumah untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari longsor susulan ke depannya.

Baca Juga:Download Sakura School Simulator Versi 1.039.95 Mod Apk, Update 2023, Dipenuhi Fitur Canggih, Semakin Seru Mainkan Ori

Sebelum kejadian, menurut kesaksian pemilik rumah yakni Ade Tata  mengatakan, ia sempat merasakan getaran hingga memilih cepat-cepat keluar rumah dan menuju rumah saudaranya yang aman dari lokasi longsor.

Akibat peristiwa ini, Ade Tata mengalami kerugian mencapai Rp 25 juta karena rumahnya sudah hancur dan rusak parah sehinga ia sangat mengharapkan adanya bantuan biaya dari pemerintah daerah untuk ikut andil dalam peristiwa ini.

Kejadian ambruknya tembok penahan tanah di wilayah Nagrak ini sempat menyebabkan lalu lintas dari arah Tasikmalaya dan dari arah Sumedang terputus. 

Walaupun tidak ada korban jiwa atas insiden ini, warga tetap dihimbau untuk waspada dan berhati-hati adanya longsor susulan karena musim hujan masih terus berlanjut. (*)

Sumber: Berbagai sumber di media online

Baca Juga:4 Zodiak yang Dikenal Sebagai Penghemat Uang, Kamu Termasuk?

News

Terkini

Luis Milla akui klub telah memberikan fasilitas latihan yang telah bagus, namun masih ada pr lagi

Sport | 07:19 WIB

Watak asli Desta terkuak kalo lagi di rumah dengan Natasha Rizki.

Hiburan | 07:00 WIB

Rebecca Klopper menjadi perbincangan usai ramainya video syur 47 detik yang diduga mirip dirinya. Akibat dari video syur 47 detik, Rebecca Klopper akan menjalani terapi psikologis.

Hiburan | 06:34 WIB

Amanda Manopo akui hamil anak dari Arya Saloka. Video mesra keduanya tersebar di media sosial.

Hiburan | 06:00 WIB

Laga match day antara Indonesia vs Argentina akan disiarkan RCTI. Itu diketahui dari persentasinya yang diunggah akun @officialrcti dan @rctisports.

Sport | 21:55 WIB

Ini kata Virgoun usai sidang perceraian pertama yang baru digelar bersama Inara Rusli.

Hiburan | 20:58 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan apresiasi yang tinggi untuk Putri Ariani yang mendapatkan Golden Buzzer dari juri America's Got Talent (AGT)

Hiburan | 20:57 WIB

Publik tengah dihebohkan dengan adanya video syur 47 detik mirip Rebecca Klopper. Kuasa hukum Rebecca Klopper beberkan kondisi kliennya saat ini.

Hiburan | 20:17 WIB

Setelah lama menghilang, akhirnya artis Rebecca Klopper muncul ke publik dan memberikan ucapan permintaan maaf terkait video syur 47 detik kepada beberapa pihak.

Hiburan | 20:15 WIB

"Diduga tidak diberikan jalan, seorang sopir ambulans pukul sopir dump truk di Pademangan," tulis @lensa_berita_jakarta.

Metropolitan | 00:10 WIB

Korban sudah ditemui dan diarahkan untuk buat laporan, namun sampai sekarang belum datang untuk membuat laporan, kata Wahyudi.

Metropolitan | 19:52 WIB

Rencana pembukaan blokade trotoar di depan Kedubes AS disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI, Wiwik Wahyuni.

Metropolitan | 19:36 WIB

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyerahkan kepada pihak pemilik ruko untuk merapikan sisi bangunan yang melanggar.

Metropolitan | 19:21 WIB

General Manager PT JIExpo, Oki Setiawan mengatakan, penambahan layanan khusus ini merupakan hasil evaluasi penyelenggaraan JIExpo pada tahun lalu.

Metropolitan | 19:08 WIB

Koleksi gelang milik Syahrini ini dikenal dengan nama Kelly Bracelet.

Gosip | 07:45 WIB

Marion Jola tampil cantik dan seksi mengenakan hooded dress yang memperlihatkan lekukan tubuhnya yang aduhai.

Gosip | 07:20 WIB

Lita Gading mengaku menerima ucapan terima kasih dari ibu Inara Rusli atas dukungannya pada sang putri.

Gosip | 07:10 WIB

Elea lahir pada 28 Oktober 2012, yang berarti usianya sekarang belum genap 11 tahun.

Gosip | 06:45 WIB

Setelah terus absen dari acara keluarga, Geni Faruk bersama anggota Gen Halilintar yang lain akhirnya bisa datang.

Gosip | 06:30 WIB
Tampilkan lebih banyak