CEK FAKTA: Habib Rizieq dan Prabowo Beri Dukungan agar Anies Baswedan Menangi Pilpres 2024

Cek fakta benarkah Habib Rizieq dan Prabowo Subianto dukung Anies Baswedan baru-baru ini.

Rizky Gura S
Sabtu, 27 Mei 2023 | 09:40 WIB
CEK FAKTA: Habib Rizieq dan Prabowo Beri Dukungan agar Anies Baswedan Menangi Pilpres 2024
Cek Fakata: Betulkah Habib Rizieq dan Prabowo secara resmi siap menangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024. (YouTube/Gajah Mada TV)

SUARA SUMEDANG - Cek fakta sebuah video beredar mengungkapkan adanya dukungan dari Habib Rizieq Shihab dan Prabowo Subianto kepada Anies Baswedan.

Kabar itu dibagikan oleh akun YouTube Gajah Mada TV dengan sampul potongan gambar sejumlah tokoh, seperti Prabowo Subianto, SBY, Said Didu, Jusuf Kalla, Habib Rizieq, Rocky Gerung, Surya Paloh, Bambang Soesatyo dan lainnya.

Selain itu terdapat narasi tertulis yang menyatakan adanya dukungan dari Prabowo dan Habib Rizieq terhadap Anies dalam sampulnya.

"BERITA VIRAL HARI INI: LUAR BIASA!! HABIB RIZIEQ & PRABOWO SIAP MENDUKUNG ANIES JADI PRESIDEN DEMI SELAMATKAN NASIB RAKYAT!" isi keterangan tertulis dalam thumbnail atau sampul unggahan.

Baca Juga:Tes Kepribadian: Pilih Satu Binatang, Karakter Anda Sesungguhnya dapat Terbongkar di Sini!

Lantas benarkah kabar itu? Berikut ini cek fakta:

Setelah melakukan penelusuran, hingga kini belum ditemukan dukungan secara resmi dari kedua tokoh, yakni Habib Rizieq dan Prabowo Subianto terhadap Anies Baswedan.

Kemudian setelah diputar video berdurasi 8 menit 5 detik, juga tak ditemukan pernyataan secara terang-terangan menyebut nama Anies sebagai calon presiden yang didukung oleh Habib Rizieq dan Prabowo Subianto.

Isi dalam video terpantau terbagi dalam dua bagian, cuplikan Habib Rizieq saat menyarankan memilih pemimpin dengan ciri-ciri tertentu, cuplikan pandangan Refly Harun terkait kasus korupsi BTS dan respons Anies terhadapnya hingga informasi yang dibagikan narator.

Narator di antaranya membahas soal pandangan politisi Andi Sinulingga yang berpendapat bahwa Jokowi kesulitan mendukung Ganjar Pranowo hingga soal Ketua Umum PKB Cak Imin terkait Presiden Jokowi bermain dua kaki.

Baca Juga:Tanggapan Buya Yahya soal Inara Rusli Lepas Cadar Diliput Media, hingga Beri Pesan dan Doa Ini

Kesimpulan

Karena itu berdasarkan sejumlah penjelasan cek fakta diatas, dapat disimpulkan bahwa Prabowo Subianto dan Habib Rizieq siap mendukung Anies Baswedan jadi Presiden 2024 hingga kini tak memiliki bukti valid dan dapat dikatakan sebagai berita hoaks.(*) 

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak