CEO Persib Bandung Tanggapi Soal Pemain Naturalisasi, Teddy Tjahjono: Ada Dampak Positif Tanpa Harus Abaikan Pembinaan

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono tanggapi perihal pemain naturalisasi. Menurutnya, ada dampak positif baik di level timnas maupun klub tanpa harus mengabaikan pembinaan.

Dzikrillah Tauzirie
Rabu, 31 Mei 2023 | 19:25 WIB
CEO Persib Bandung Tanggapi Soal Pemain Naturalisasi, Teddy Tjahjono: Ada Dampak Positif Tanpa Harus Abaikan Pembinaan
Deputi CEO Persib Bandung, Teddy Tjahjono. (Suara.com/Persib)

SUARA SUMEDANG - Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono menganggapi soal pemain naturalisasi.

Teddy hadir dalam acara diskusi yang diselenggarakan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), di TVRI Bandung.

Ia mengatakan bahwa program naturalisasi memberikan dampak positif bagi pesepakbolaan nasional, baik di level timnas maupun klub.

Kata Teddy, Persib Bandung pertama kali diperkuat oleh pemain naturalisasi pada tahun 2010 ketika Cristian Gonzales resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Penyerang asal Uruguay itu dinaturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia.

Baca Juga:Ayah Kejora Menangis Lihat Pengorbanan Rizky Billar Setia Temani Lesti di Konser Ahmad Dhani, Cek Faktanya!

Gonzales bersama Persib tampil dalam 72 pertandingan dengan sumbangsih 41 gol. Sementara bersama Timnas Indonesia ia tampil dalam 32 pertandingan dengan sumbangan 13 gol.

Selain Gonzales, tim Pangeran Biru juga telah menggunakan jasa delapan pemain naturalisasi, diantaranya Sergio Van Djik, Kim Jeffrey Kurniawan, Ezra Walian, Raphael Maitimo, Victor Igbonefo, Esteban Vizcarra, Marc Klok, dan Fabiano Da Rosa Beltrame.

Delapan pemain tersebut sudah menjadi WNI sebelum bergabung dengan Persib Bandung.

“Sejak 2010, kecuali Gonzales, semua pemain naturalisasi yang kami rekrut sudah menjadi WNI sebelum bergabung. Dalam perekrutannya, kami mempertimbangkan kebutuhan tim, kemampuan pemain dibandingkan pemain lokal sehingga sehingga menghadirkan manfaat, terutama tranfer ilmu dan pengalaman,” ucap Teddy, dikutip Suara Sumedang dari laman PERSIB (31/5/2023).

Teddy juga menuturkan jika dirinya mendukung program naturalisasi tanpa mengesampingkan proses pembinaan. Sebab, Persib dengan kerja keras telah melahirkan banyak pemain muda binaan melalui Akademi dan Diklat Persib. 

Baca Juga:CEK FAKTA: Lama Tak Terlihat, Virgoun dan Inara Rusli Akhirnya Dipertemukan Dokter Richard Lee

Menurut Teddy, pemain muda bisa mendapatkan manfaat dengan belajar kepada pemain naturalisasi, baik dari sisi pengalaman maupun kemampuan teknis. (*)

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Sport

Terkini

Tampilkan lebih banyak