Waspadai Ancaman Penyakit PPR pada Hewan Ternak, Diskanak Sumedang Himbau Peternak untuk Jaga Kebersihan Kandang

Penyakit hewan ternak yang muncul menjelang Iduladha, ialah Peste des Petits Ruminants (PPR) yang menyerang kambing dan domba. Adanya hal ini, Diskanak Sumedang himbau kepada peternak untuk menjaga kebersihan kandang dan rutin lakukan penyemprotan disinfektan.

Dzikrillah Tauzirie
Jum'at, 09 Juni 2023 | 11:15 WIB
Waspadai Ancaman Penyakit PPR pada Hewan Ternak, Diskanak Sumedang Himbau Peternak untuk Jaga Kebersihan Kandang
Ilustasi penyakit PPR yang menyerang hewan ternak untuk hewan kurban. (Pemkab Sumedang)

SUARA SUMEDANG - Menjelang lebaran Iduladha, belakangan diketahui muncul penyakit pada hewan ternak.

Setelah diketahui penyakit PMK dan LSD yang menyerang sapi dan kerbau, kini muncul penyakit yang menyerang domba dan kambing, yakni Peste des Petits Ruminants (PPR).

Meskipun belum ditemukan kasus PPR di Sumedang, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang, mulai lakukan antisipasi, untuk menjaga kemungkinan adanya ancaman penyakit PPR ini.

Kepala Diskanak, Tono Suhartono memaparkan jika saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkain penyakit PPR pada hewan ternak ini.

Baca Juga:Luizinho Passos Tetapkan Target untuk Empat Penjaga Gawang Persib Bandung

Tujuan dari sosialisai ini, agar masyarakat dapat memahami dan mengetahui cara bagaimana antisapasi ketika ada serangan penyakit ini.

“Begitu ada informasi terkait PPR kami langsung sosialisasi kepada masyarakat sehingga peternak bisa lakukan antisipasi,” kata Tono, dikutip Suara Sumedang dari laman Pemkab Sumedang (9/6/2023).

Lebih lanjut, Tono menjelaskan tentang PPR ini yang mana disebabkan oleh virus dan umumnya menyerang kambing serta domba.

Gejala-gelala yang terlihat saat hewan terserang PPR, ialah demam, ingusan (yang parah berwarna hijau), nafsu makan berkurang hingga menyebabkan menjadi kurus.

Tono juga mengatakan jika ada hewan ternak yang terserang, ia memberikan mitigasi untuk mencegah penyebaran penyakit.

Baca Juga:Efek Sama Gus Mifta, Ari Wibowo Disinggung Hati-Hati Jadi Mualaf, Begini Tanggapannya

“Bila ada kambing atau domba yang terserang PPR ini sebaiknya lekas dipisan karena khawatir menyebar ke hewan lain dan segera lapor ke petugas kesehatan hewan terdekat,” ucapnya.

Ia menghimbau agar peternak tetap menjaga kebersihan kandan dan rutin lakukan penyemprotan disinfektan.

Dengan adanya hal ini, jelang Iduladha, Diskanak juga akan memantau lalu lintas hewan ternak untuk hewan kurban yang masuk ke pasar hewan, dengan cara menyediakan dokter hewan untuk memastikan hewan ternak untuk kurban sehat. (*)

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak